Ngomongi Kota Tanjungbalai !

Mei 9, 2009

Wadoh2, dah lama gak nulis di blog aku neh, maklum lah, banyak kerjaan dan pada numpuk, apalagi pas persiapan2 “Pilcaleg” kemarin, ampe mau OL (online) pun awak tak bisa, naseb-naseb.

Tapi tak ape lah, ini ada kesempatan dikit, semasa rehat (begh dah pande pulak ko bahasa melayu gon??) dari kerjaan pemilu kemarin, sedikit banyak boleh lah aku nulis2 lagi lah, gak banyak juga lah yang mau aku tulis, palingan nulis profil kota yang sekarang ini aku diami, Kota Tanjungbalai, kota yang menjadi rumah kedua bagiku setelah Kota Medan.

Lambang_Kota_TanjungbalaiNeh, aku kasih tau Profil Kota Tanjungbalai ntu, Kota Tanjungbalai adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. luas wilayahnya itu kurang lebih 60 km² dan penduduk berjumlah (kalo gak salah) 125.000 jiwa. Cerita nya gini, perjalanan Sultan Aceh “Iskandar Muda” ke Johor dan Malaka tahun 1612 dapat dikatakan sebagai awal dari sejarah Tanjungbalai. Dalam perjalanan tersebut, rombongan Sultan Iskandar Muda beristirahat di kawasan sebuah hulu sungai yang kemudian dinamakan Asahan. Perjalanan dilanjutkan ke sebuah “Tanjung” yang merupakan pertemuan antara sungai Asahan dengan sungai Silau, kemudian bertemu dengan Raja Simargolang.

Di tempat itu juga Sultan Iskandar Muda mendirikan sebuah pelataran sebagai “Balai” untuk tempat menghadap, yang kemudian berkembang menjadi perkampungan. Gini Asal Usulnya, Kesultanan Asahan bermula kira-kira pada abad XVI, yaitu ada saat Sultan Abdul Jalil ditabalkan sebagai Sultan Asahan yang pertama dengan gelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah.

Trus lagi, perlu kalian ketahui, Pertumbuhan dan perkembangan Kota Tanjungbalai sejak didirikan sebagai Gementee berdasarkan Besluit G.G. tanggal 27 Juni 1917 dengan Stbl.1917 No. 284, se-bagai akibat dibukanya perkebunan-perkebunan di derah Sumatera Timur termasuk daerah Asahan seperti H.A.P.M., SIPEF, London Sumatera (Lonsum)  (ada yang tau lonsum gak?? bagh, kalo sempatlah pernah kerja disitu, bakal makmur sejahtera lah keluarganya, kenapa? orang medan dagh tau semuannya itu alasannya heheheh) dan lain-lain, maka Kota Tanjungbalai sebagai kota pelabuhan dan pintu masuk ke daerah Asahan menjadi penting artinya bagi perkembangan perekonomian Belanda. Sementara itu tercatat pula 13 Kepala Daerah yang pernah memimpin Kota Tan-jungbalai sejak Tahun 1956 sampai sekarang yaitu :

  1. Dt. Edwarsyah Syamsura [ 1956 – 1958 ]
  2. Wan Wasmayuddin [ 1958 – 1960 ]
  3. Zainal Abidin [ 1960 – 1965 ]
  4. Syaiful Alamsyah [ 1965 – 1967 ]
  5. Anwar Idris [ 1967 – 1970 ]
  6. Patuan Naga Nasution [ 1970 – 1975 ]
  7. H. Bahrum Damanik [ 1975 – 1980 ]
  8. Drs. H. Ibrahim Gani [ 1980 – 1985 ]
  9. Ir. H. Marsyal Hutagalung [ 1985 – 1990 ]
  10. H. Bachta Nizar Lubis, SH. [ 1990 – 1995 ]
  11. Drs. H. Abdul Muis Dalimunthe [ 1995 – 2000 ]
  12. dr. H. Sutrisno Hadi, Sp.O.G. dan [ 2000 – 2005 ] Mulkan Sinaga sebagai Wakil Walikota.
  13. dr. H. Sutrisno Hadi, Sp.O.G. dan [ 2005 – Sekarang] Drs. H. Thamrin Munthe, M.Hum.

( Ayah omak aku tak de kah??? akakakakka !!!!)

Sebelum Kota Tanjungbalai diperluas dari hanya 199 ha (2km²) menjadi 60km², kota ini pernah menjadi kota terpadat di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk lebih kurang 40.000 orang dengan kepadatan penduduk lebih kurang 20.000 jiwa per km². Akhirnya Kota Tanjungbalai diperluas menjadi ± 60 Km² dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 1987, tentang perubahan batas wilayah Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan.

Adapun Kecamatan yang ada di Kota Tanjungbalai adalah sebagai berikut:

  1. Kecamatan Datuk Bandar
  2. Kecamatan Datuk Bandar Timur
  3. Kecamatan Tanjungbalai Selatan
  4. Kecamatan Tanjungbalai Utara
  5. Kecamatan Sei Tualang Raso
  6. Kecamatan Teluk Nibung

Kota Tanjungbalai terletak diantara 2° 58′ LU dan 99° 48′ BT, dengan luas wilayah 60,529 Km² ( 6.052,9 Ha.) berada dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Asahan dengan batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah Selatan dengan Kecamatan Simpang Empat.
  • Sebelah Utara dengan Kecamatan Tanjungbalai.
  • Sebelah Timur dengan Kecamatan Sei Kepayang.
  • Sebelah Barat dengan Kecamatan Simpang Empat.

Setiap tahunnya pada akhir tahun diadakan “Pesta Kerang” guna memperingati Hari Ulang Tahun Kota Tanjungbalai. dan baru 2 tahun ini di tanjungbalai baru diresmikan JEMBATAN TABANA (tanjungbalai asahan) yang menghubungkan kota Tanjungbalai dengan Kecamatan Tanjungbalai kabupaten Asahan yang panjang jembatannya kurang lebih 1,2 Km, yang di klaim sebagai jembatan terpanjang se- Sumatera setelah jembatan di Sumatera Selatan. (sekali2 kesini klen woy, tapi harus tahan panas lah, sebab di sini udaranya kalo siang panas kali,….)

Selain itu, kemaren2 tuh pernah ada juga “Lomba Ber-kombur” (red. Banyak cerita, yang isinya bohongan belaka), tapi skarang tah masih ada lagi atau gak !! mudah2an adalah, coz orang2 yang suka nge-blog biasanya bisa dikategorikan sebagai orang yang suka “Ber-kombur” ekekekke,…..

dagh segitu ajalah dulu, nti kita tambah lagi,….

Iklan

10 Tanggapan to “Ngomongi Kota Tanjungbalai !”

  1. putri said

    arrgghhh.. cem baca dongeng aq!!
    kurang interest aq da cerita2 sejarah dblog ni,,
    kl mw masukin ttg history2 gini masukin k replikduplik aja..
    ni kan buat cerita2 ringan aja..
    *sekedar masukan aja ni..hihihi*

  2. italina89 said

    owh… saya kira ini benar-benar murni tulisan anda.
    ternyata copas dari wikipedia toh.. 🙂
    tapi gak masalah, salah satu usaha mendukung sejarah Indonesia.. hehe

    • sigonda said

      @mbk italina
      hahaha,ketahuan y mbk! Huhu,..
      Iyah ni sbagian datany gonda ambil dri wiki,spya biar kuat aja sih dtany,emg napa mbk?Mbk org tjgblai jg bukan?Hehe.

      Mksh atas kunjungan ny! 😀

  3. tamu 1 said

    Sangat inspiratif dan bermanfaat, makasih banyak ya….

  4. Muhdie said

    ngomongi sejarah…

    niih salah satu sejarah tempoe doeloe
    klik di :

    http://www.onthelclassic.wordpress.com

    atau

    http://www.klithikanonthel.wordpress.com

  5. ilham said

    asik asik saja ah ser ah donk ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha

  6. lay said

    Majukan terus Tanjung Balai..

    Semoga Para pemimpinnya bs membuat Tanjung Balai bersaing ditingkat Nasional….dan Internasional dengan pariwisatanya..

    I LIKE THAT…..

  7. lay said

    Tolong Kembangkan Lagi Info Tentang Kota Tanjung Balai Tercinta Yach

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: